Selasa, 17 November 2009

Pemkot Ancam Bando Tak Berijin Di Bongkar

KRC, BLITAR -
Keberadaan reklame bando bermasalah mulai disikapi pemkot. Mereka mengumbar ancaman jika tak segera ditindaklanjuti bakal membongkar reklame tersebut. Sebab, reklame tersebut selain tak memperpanjang izin, alias ilegal.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Pelayanan Kantor Terpadu (KPT) Mohammad Sidik kemarin. Dia mengeluhkan keberadaan bando raksasa yang statusnya tidak jelas. "Itu yang menjadi masalah, padahal sudah kami beritahu. Kalau mau dipakai lagi ya diperpanjang izinnya, tidak seperti ini malah nggantung," keluh Sidik.

Dia menunjuk bando raksasa di pertigaan Herlingga atau Jalan Jaksa Agung Suprapto. Bando berukuran 10 x 5 menurut catatan KPT sudah habis masa izinnya sekitar Juli lalu. Pemilik yang berlokasi di Surabaya sudah diberi teguran lisan agar mengambil tindakan. Pasalnya, jalan tersebut masuk dalam jalan protokol. Tapi hingga kini, lanjut Sidik, belum ada tindakan resmi. "Belum ada," tegasnya lagi. Pemkot dalam hal ini instansi terkait, tak segan-segan membongkar jika tak mengindahkan teguran. Pasalnya, efek yang ditimbulkan cukup telak. "Salah satunya, tidak ada pemasukan dalam bentuk pendapatan asli daerah (PAD). Apalagi, sekarang kan baliho dibiarkan kosong melompong," katanya.

Meski begitu, pihaknya masih memberikan tenggang waktu.

Pria asal Kesamben ini juga menambahkan, peringatan serupa juga diberikan kepada pemasang bando yang belum memiliki izin resmi. Izin bisa berupa mendirikan bangunan atau IMB, prinsip dan lain sebagainya. Pria berkacamata ini menyebut sejumlah bando yang dipasang di sejumlah trotoar. Namun, ketika diminta identitas enggan untuk menyebutkan. "Sudah ada catatannya, kalau nanti tak ada tindakan kami akan berkoordinasi dengan Satpol PP," katanya lagi. Saat ini, hampir tiap sudut jalan protokol di Kota Blitar terdapat papan iklan. Papan iklan berukuran kecil hingga raksasa. Saking banyaknya, menjadikan seperti hutan iklan. Itu jelas terlihat di Jalan Merdeka. Pemkot sendiri berdalih semakin banyak papan iklan semakin bagus lantaran menjadikan pemasukan sendiri melalui retribusi. (teh)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bravo cybermedia sukses selalu yaa!
Jangan lupa mampir juga ke alamat kami:
Sakura Advertising Tulungagung
Cheers!