Selasa, 17 November 2009

Ketua Dewan Merangkap Bamus

KRC, BLITAR -
Setelah dicas selama dua hari di Malang, DPRD Kabupaten Blitar mulai hari ini langsung tancap gas. Beberapa alat kelengkapan dewan yang belum terbentuk akan segera dilengkapi.

Hanya ada dua badan yang diperebutkan. Yakni badan legislasi dan badan kehormatan. Sedangkan untuk badan musyawarah (Bamus) dan Badan Anggaran (banggar) otomatis dipegang ketua. Itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri. "Besok (hari ini, Red) baru akan kami musyawarahkan tentang alat kelengkapan dewan yang belum sempat terbentuk," ujar Ketua DPRD Kabupaten Blitar Guntur Wahono kepada wartawan kemarin.

Menurut Guntur, yang dimusyawarahkan hanya pembentukan badan saja. Misalnya badan legislasi (Baleg) dan badan kehormatan (BK). Sedangkan untuk Bamus dan badan anggaran tetap akan dipenggang oleh pimpinan dewan. "Itu sesuai dengan SE mendagri, Panmus dan Panggar harus dipegang pimpinan dewan. Sedangkan dua lembaga lain bisa dijabat oleh anggota," tandas Guntur yang juga dibenarkan oleh dua wakilnya Edi Masna Nurochman dan Suswati.

Pimpinan dewan, lanjut Guntur memberikan keleluasaan kepada para anggota fraksi untuk menyodorkan nama-nama anggotanya yang pas menduduki pimpinan dua lembaga tersebut. Karena, ada kemungkinan pimpinan dua lembaga itu juga akan ditentukan dengan cara pilihan. "Kalau dengan musyawarah mufakat sulit dicapai. Ada kemungkinan pemilihan juga dilakukan dengan voting," tandas Guntur.

Namun demikian, lanjut Guntur, dua lembaga tersebut bisa mengakomodasi semua fraski yang ada. Sehingga, tidak terkesan rebutan. "Sebenarnya pimpinan dewan sudah memberikan peluang yang sama kepada semua fraksi. Namun kenyataan di lapangan, hal itu tergantung dengan hasil komunikasi intensif dari para anggota fraksi dengan fraksi yang lain. Istilahnya pandai melobi tidak. Kalau pandai ya akan terpilih," katanya.

Apa tidak ada pembagian yang sama rata? "Maunya sih begitu. Namun, kenyataan dilapangan berkata lain," kata Guntur.

Menurut Guntur, karena masing-masing fraksi memiliki keinginan masing-masing, untuk menempatkan anggota terbaiknya. (eva)

Tidak ada komentar: